f Wisata Ziarah Ke Bukit Rade Rato - SEJARAHBIMA.COM | Mengupas Sejarah, Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Wisata Ziarah Ke Bukit Rade Rato

rade ratoSelasa sore (  6 Agustus 2019) saya mendapat undangan dari Mahasiswa KKN STIE Bima angkatan ke 17 untuk menghadiri acara peresmian Obyek Wisata Rade Rato Hills atau Bukit Rade Rato di Wenggo kelurahan Penanae Kota Bima. Saya salut dengan adik adik STIE Bima yang telah menata situs Rade Rato dan menjadikan bukit Rade Rato sebagai destinasi wisata di wilayah Kota Bima.Peresmian ini tidak dihadiri oleh Dinas Pariwisata Kota Bima.Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Ibu Lurah Penanae, para dosen STIE Bima, Babinsa, Babinkantibmas, LPM, karang Taruna dan masyarakat setempat.



Kegiatan peresemian juga ditandai dengan penanaman pohon untuk penghijauan di sekitar lokasi. Rade Rato sangat bagus untuk dikunjungi untuk jogging dan tracking. Dari atas Rade Rato mata menyapu sudut sudut keindahan Kota Bima dengan pemandangan sawah menghijau dan suasana perkampungan yang asri.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti siapa pemilik makam di atas bukit Wenggo ini. Jika ditilik dari nama makan yaitu Rade Rato. Rade berarti kuburan. Sedangkan Ratp dalam strata masyarakat Bima di era kerajaan dan kesultanan adalah bangsawan tingkat menengah. Rata-rata makam para bangsawan Bima berada di atas bukit atau gunung seperti di Dana Taraha, Pulau Kambing, dan di sepanjang Melayu hingga Kolo Kota Bima.

Ayo... Mendaki Rade Rato......

Salam,

Alan Malingi

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.