f Galery Pantun Bima Dompu - SEJARAHBIMA.COM | Mengupas Sejarah, Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Galery Pantun Bima Dompu


Buku berjudul “ Galery Patu Mbojo-Dompu Edisi Satu “  ini dapat diselesaikan. Penulisan buku ini dihajatkan untuk melestarikan syair Patu Mbojo – Dompu yang merupakan warisan tradisi lisan masyarakat Mbojo – Dompu selama berabad abad lamanya.



 Penyusunan buku ini dilatarbelakangi oleh sebuah kekhawatiran akan hilang dan punahnya Patu Mbojo sebagai budaya tutur yang telah diwariskan turun temurun dari generasi ke generasi. Meskipun sebelum buku ini terbit, telah ada upaya untuk membukukan patu Mbojo oleh Bapak Anwar Hasnun dalam bukunya Struktur Dan Isi Pantun Bima yang sekaligus memberikan inspirasi kepada saya untuk mengumpulkan patu mbojo dari berbagai kalangan untuk dibukukan. Langkah yang ditempuh ini tentunya bagian dari ikhtiar untuk melestarikan patu Mbojo-Dompu.  

Pada lembaran yang bersahaja ini saya menyampaikan uicapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Bapak Abdul Karim Azis, SH- Paruga Bima , Bapak Fadil Mansyur- Sape, Bapak Umar Idris- Sadia, Ibu Fatimah- sape Sangiang, Bapak Adin Dara- Kelurahan Dara serta sejumlah tokoh lainnya.

Saya menyadari bahwa buku ini masih jauh dari sempurna, terutama koleksi Patu Mbojo nya yang masih kurang. Oleh karena itu, segala masukan, saran serta kritik demi penyempurnaan dan penyusunan lanjutan dari Patu Mbojo – Dompu ini saya terima dengan hati terbuka untuk diperbaiki dan disempurnakan pada edisi berikutnya.  Semoga Allah SWT selalu menuntun langkah kita. Amin ya Rabbal  Alamin.

Berminat hubungi 08123734986

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.