f Pancasila Dan Maja Labo Dahu - SEJARAHBIMA.COM | Mengupas Sejarah, Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Pancasila Dan Maja Labo Dahu

Pancasila adalah kristalisasi nilai yang tumbuh bersemi dalam kehidupan masyarakat nusantara selama berabd lamanya. Pancasila lahir dari buah pemikiran orang orang yang cerdas dan tercerahkan dan rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi atau golongan. Salah satu pengorbanan itu adalah penghapusan 7 kata dalam Piagam Jakarta menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa.


Masyarakat Bima telah memiliki falsafah Maja Labo Dahu yang merangkum 5 nilai dalam pancasila. Maja Labo Dahu sebagai way of life masyarakat Bima mengandung nilai ketuhanan karena sikap maja(malu) dan dahu(takut) adalah manifestasi iman dan taqwa. Maja Labo Dahu mengandung dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan karena malu dengan takut juga berkaitan dengan hablumminannas(hubungan sesama manusia).
Pribadi Maja Labo Dahu senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan serta menjunjung tinggi amanah sebagai hasil "Mbolo ra Dampa " atau musyawarah mufakat. Jika 4 nilai di atas dimplementasikan dalam kehidupan sehari hari, maka lahirlah keadilan sosial bagi seluruh rakyat.
Foto : Kenangan bersama Prof.Anhar Gonggong pada saat seminar pengajuan Sultan Muhammad Salahuddin sebagai pahlawan nasional di gedung DPRD Kab.Bima tahun 2009. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.