f Sang Bima Dalam Keris Pusaka Kerajaan Bima - SEJARAHBIMA.COM | Mengupas Sejarah, Budaya dan Pariwisata

Header Ads

Sang Bima Dalam Keris Pusaka Kerajaan Bima

 


Dalam foto ini adalah gagang Sang Bima pada keris Jena Teke ( Putera Mahkota ) yang menjadi koleksi Museum asi Mbojo. Keris ini terbuat dari emas berwarna agak merah kehitam-hitaman yang merupakan salah satu ciri emas Bima ( Pulau Sumbawa ). 
 
 
Sang Bima memang hanya ada pada cerita wayang pandawa lima. Tetapi menurut berbagai referensi sejarah, bahwa yang datang ke Bima dan menjadi perintis pendirian kerajaan Bima adalah sosok yang bergelar Sang Bima. Helius Syamsuddin, Era Sang Bima pada sekitar abad 10-11 Masehi pada era kejayaan kerajaan Erlangga di Jawa Timur, sejak itulah nama Mbojo berganti dengan Bima. Hilir Ismail, Era Sang Bima bersamaan dengan era kerajaan Medang di Jawa pada abad ke-8 Masehi. Situs Candi Wadu Pa'a pertama dibangun pada tahun 631 Saka atau 709 Masehi. 
 
Mungkin terinspirasi dari kehebatan orang yang beregelar Sang Bima itulah, maka gagang keris pusaka kerajaan Bima selalu dengan ukiran Sang Bima. Namun ciri khas Mbojo juga melekat dalam benda-benda pusaka kerajaan Bima yaitu motif Bunga Satako ( Bunga Setangkai ) pada keris Samparaja,Mahkota dan keris lainnya.
 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.